sejarah situ gede


PEMBAHASAN

1. SEJARAH DAN SELUK BELUK SITU GEDE

A. Selayang Pandang

Kota Tasikmalaya terletak di antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Kota santri ini memiliki beberapa potensi wisata yang cukup mengagumkan, salah satunya adalah Situ Gede. Oleh warga setempat, danau alami ini lebih dikenal dengan nama Situ Ageng. Situ Gede memiliki luas lebih kurang 47 hektar dengan kedalaman air antara 1,5 meter sampai dengan 6 meter.

Situ Gede menjadi tempat tujuan wisata favorit karena danau ini merupakan obyek wisata alam satu-satunya yang ada di wilayah pemerintahan Kota Tasikmalaya dan dekat dengan pusat kota. Danau ini merupakan salah satu obyek wisata air yang paling potensial di wilayah Priangan Timur dan dikunjungi oleh cukup banyak pelancong dari dalam maupun luar kota, bahkan dari luar daerah. Berdasarkan data dari situs resmi Pemerintah Kota Tasikmalaya, rata-rata tingkat kunjungan wisatawan ke obyek wisata Situ Gede mencapai 9.950 orang/tahun).

Foto situ gede pada tahun 1939

Meski berstatus sebagai obyek wisata alam, perkembangan Situ Gede sebagai sarana irigasi untuk pertanian tidak lepas dari peran pemerintah kolonial Hindia Belanda. Pada 1932, pemerintah kolonial mengembangkan danau alami ini untuk menampung air dari sumber mata air Cikunten yang berhulu di Gunung Galunggung. Air yang ditampung itu kemudian dimanfaatkan untuk mengairi sekitar 4.000 hektar sawah yang terdapat di Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan Cibeureum.

Danau Situ Gede juga berperan sebagai hutan penyeimbang ekosistem di mana banyak tanaman tropis yang tumbuh mengelilingi danau ini. Sebagian besar penduduk di sekitar danau menggantungkan hidupnya pada populasi habitat biota di Situ Gede sebagai sumber penghasil ikan sehingga tidak mengherankan apabila Situ Gede juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk mencari ikan, baik dengan cara memancing ataupun menjaring.

Ciri khas yang menjadi daya tarik Situ Gede adalah sebuah pulau yang terdapat di tengah-tengah danau. Di pulau seluas satu hektar tersebut terdapat makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh penguasa pada masa silam yang mitosnya telah menjadi legenda bagi masyarakat Tasikmalaya (Kompas, 3 Maret 2009). Makam Eyang Prabudilaya hingga kini masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar danau. Maka dari itu, selain sebagai obyek wisata alam, Situ Gede juga bisa dijadikan tujuan wisata religi sekaligus wisata sejarah.

B. Keistimewaan

Obyek wisata alam Situ Gede menjadi tempat idaman warga Tasikmalaya yang ingin mengisi liburan setiap pekan dengan menikmati keindahan danau yang masih asri. Keindahan danau dan keasrian pemandangan alam merupakan potensi utama yang ditawarkan obyek wisata Situ Gede. Anda bisa leluasa menikmati indahnya Situ Gede dan menyusuri danau dengan rakit yang dapat disewa dengan harga yang relatif murah. Harga sewa rakit untuk mengarungi danau hanya sebesar Rp 10.000.

Sambil menyusuri danau, Anda dapat mengunjungi pulau yang berada di tengah danau untuk berziarah di Makam Eyang Prabudilaya atau hanya sekadar melihat-lihat eloknya persemayaman tokoh yang dihormati warga Tasikmalaya tersebut. Para pengunjung juga dipersilahkan menikmati teduhnya hutan dengan berbagai flora dan fauna yang ada di pulau itu, namun siapapun tidak diperbolehkan melakukan aktivitas perburuan. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhi pesona wisata ekologi berupa tumbuh-tumbuhan alami yang banyak terdapat di sekeliling danau sehingga menambah asri pemandangan, ditambah dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar. Di Situ Gede pula, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas lain yang tidak kalah menyenangkan, seperti memancing dan menjaring ikan. Di kios-kios yang banyak terdapat di sekitar danau, disediakan tempat makan yang menyajikan berbagai menu ikan. Setelah perut kenyang dengan sajian wisata kuliner khas Situ Gede, Anda dapat menghabiskan waktu selama mungkin di obyek wisata ini karena panorama Situ Gede di sore hari menjanjikan pesona yang sulit untuk dilupakan.

C. Lokasi

Obyek wisata Situ Gede berjarak sekitar lima kilometer ke arah barat dari pusat Kota Tasikmalaya, lebih tepatnya terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Situ gede terletak di barat daya jantung kota,lokasinyapun tidak terlalu jauh dari pusat kota sekitar 2,5 sampai 3 km.bahkan lokasinya sendiri terletak di daerah perkotaan yang sudah rame penghuninya yah sebut saja sudah kota.

Situ gede memiliki luas kurang lebih 47 HA,ditengahnya terdapat sebuah pulau dimana didalamnya terdapat sebuah makam seorang tokoh yang melegenda dijaman kerajaan yaitu prabudilaya bahkan menurut Ibu iyus kisah tokoh dan situ gede ini,ada kaitannya dengan mangkubumi,sambong dan sebuah makam yang terletak di daerah bantar sari yaitu makam nyai dalem sakarembong sepuluh meter dari kantor desa bantar sari,bahkan katanya ada hubungannya dengan gunung monggot yang terletak di barat laut yaitu di kampong sukasari sekitar 4 km dari lokasi situ gede.

Dengan kurang dari Rp:5000,anda bisa memasuki salah satu tempat wisata kota tasikmalaya ini ( situ Gede ) bahkan dihari-hari tertentu situ gede ini selalu di penuhi pengunjung apalagi hari minggu dari anak-anak remaja hingga orang tua sedari subuh mereka sudah berdatangan sambil lari pagi,hingga tak ayal lagi para pedagang kaki lima hingga yang tak berkalaki ( warung kali ) betebaran mengais rejeki.
Jika anda ingin mengitari atau melihat pulau anda tinggal sewa rakit pada penduduk setempat dengan kisaran Rp:10000 sampai Rp:15000 murah kok bias seharian lagi.usahain jangan sendirian dan jangan pula terlalu banyak untuk keselamatan.saya sendiri belum pernah nyoba soalnya takut air( embe )eh takut tenggelam karena nyali saya kecil sekali. tempat wisata situ gede ini sangat terawat,airnya bening dan bersih pemandangannya enak dipandang bahkan jika anda seorang seniman tempat ini sangat baik untuk mencari ispirasi,saat menatap situ gede aku selalu merenungi dan mentapakuri kebesaran allah,bahkan sempat berpikir bagaimana terjadinya situ gede ini dan siapa yang membuatnya apakah proses alam sungguh maha besar allah dengan segala ciptaannya.

Situ gede terletak dikota tasikmalaya sedangkan secara geograpis kota tasikmalaya terletak di antara 107 56′ BT – 1088′ BT dan 7 10′ LS – 7 49′ LS silahkan bagi akhi/ukhti saudara semua yang ingin berwisata.karena situ gede adalah salah satu tempat wisata ditasikmalaya yang patut untuk dikunjungi.

Bagi sahabat Yang ingin Memiliki Makalah ini lebih lengkap, silahkan saja Download disini=>Download Makalah sejarah situ gede

Posted in kumpulan makalah biologi
2 comments on “sejarah situ gede
  1. endang somantri says:

    Sangat penting mengenal sejarah sendiri demi menjaga kelestarian budaya dan sosial kota tasikmalaya

  2. danz says:

    kta nya gax boleh di jiarahi makam yam yang ada di danau

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar Isinya

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 387 other followers

%d bloggers like this: