Cara Berpidato


Asaalamualaikum….
Hai sahabat-sahabatku yang saya hormati..
Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara berpidato dari pengalaman saya berpidato dihadapan umum.
Semua ini saya ambil dari pengalaman saya sendiri saat berpidato dihadapan orang banyak, saya mulai berpidato saat saya masih duduk dibangku SD kelas 3, waktu itu ada acara kelulusan siswa kelas 6 dan saya disuruh tuk berpidato dihadapan orang tua, saya juga sering berpidato dipengajian ibu-ibu, kumpulan pemuda dan bahkan saya juga khutbah jum’at juga saya alami padahal usia saya masih tergolong sangat muda, karang ja rU kelas XII. Mungkin diantara sahabat bertanya-tanya kenapa saya sampai begitu ya…?
Jawabannya adalah saya berusaha membuat orang lain percaya kepada saya, maksudnya apa yang saya sampaikan sangat dibutuhkan oleh mereka dan tidak menyinggung perasaan mereka. Saya akan berikan tips-tipsnya :

  1. Berpidatolah yang sesuai dengan kondisi masyarakanya, maksudnya adalah apa yang sahabat sampaikan itu harus sesuai dengan apa yang mereka butuhkan sehingga apa yang kita sampaikan dapat diterima dan didengarkan oleh audien.
  2. Bersikaplah seperti layaknya seorang penceramah yang handal, jangan biarkan diri sahabat menjadi gugup atau bahkan gemetaran. Tips yang ini akan saya bahas pada posting selanjutnya, tunggu ja ya…
  3. Perhatikan tatacara atau tutur kata yang sahabat sampaikan, jangan ada kata yang menyulitkan audien untuk mengartikannya, seperti kata-kata ilmiah ataupun yang lainnya tanpa sahabat barengi dengan pengertiannya.
  4. Tetaplah Fokus terhadap apa yang sahabat sampaikan, jika ada kesempatan sahabat boleh mengajak para audien tuk berbicara, tapi selain dari khutbah jum’at karna dalam shalat jum’atkan ga boleh ada yang berbicara selain dari pada khotib.
  5. Berikan materi-materi yang gampang dicerna oleh para audien.
  6. Diakhir sebelum penutupan berikanlah kesimpulan dari apa yang sahabat sampaikan tadi, namun jangan samapai kesimpulannya panja………ng karna itu akan membuat audien tidak nyaman.

Tips diatas hanyalah sebagiannya saja dan sahabat akan dapat merasakan sendiri ketika sahabat berpidato dihadapan orang banyak dan mungkin termasuk orang-orang penting. Pada kesempatan lain saya akan berbagi ilmu lagi tentang ” Cara agar tidak gugup atau gemetaran saat berpidato” nantikan posting selanjutnya dan tetap di bukan Empat Mata he..he
Tetap bersama saya Dasista.
Bagi sahabat yang pingin beli buku, silahkan kunjungi toko murah saya disini

download document.write(‘Internet Marketing - Online‘);

Posted in Contoh Pidato, Ilmu Gratis, Pesanan
One comment on “Cara Berpidato
  1. Asking questions are truly good thing if you are not understanding anything entirely, but
    this piece of writing provides good understanding even.

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Daftar Isinya

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 388 other followers

