Makalah Zat Adiktif


Alhamdulillah saya sudah dapatkan pesanan dari kelas IX yang memesan buatin Makalah Zat Adiktif, nah ini buat sahabat-sahabat yang lagi memerlukan Makalah Zat Adiktif, selamat membaca.

ZAT ADIKTIF

Masalah penatalaksanaan ketergantungan zat adiktif hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan permasalahan yang lebih besar, yaitu penanggulangan atau pencegahan penyalahgunaan zat adiktif. Namun agar pengobatan ketergantungan zat adiktif dapat dilaksanakan yang mengarah kepada mendukung ikhtiar memperkecil masalah penyalahgunaannya, kita harus memahami terlebih dahulu jangkauan atau cakupan permasalahannya secara keseluruhan. Kemudian kita dapat memahami dimana harus berperan, bukan dalam arti memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi atau kelompok, melainkan dalam upaya menolong para korban pengguna zat adktif itu. Tanpa memahami kepentingan menyeluruh dari aspek pencegahan. Kita dapat terlibat dalam lingkaran yang merupakan bagian dari permasalahan itu sendiri. Dalam kontek keseluruhan, kita dapat justru memberatkan masyarakat. Mungkin dalam penanganan kasus individual, hal tersebut dapat memberi hasil (walaupun terbatas). Seringkali terjadi bahwa dalam ikhtiar pengobatan ata rehabilitasi tidak dikemukaan data sebenarnya, melainkan hanya data keberhasilan yang dipapakan.

Penyalahgunaan zat adiktif lebih merupakan masalah sosial. Pencegahannya harus ditangani secara terpadu, khususnya antara aspek tatanan kehidupan sosial, hukum dan penegakannya, administrasi dan pengawasan obat, pendidikan, serta terapi dan rehabilitasi ‘korban’ ketergantungan zat adiktif tersebut. Dengan demikian aspek terapi dan rehabilitasi sebenarnya, sekali lagi, hanya merupakan sebagian kecil dari keseluruhan ikhtiar penanggulangan, meskipun saat ini merupakan hal yang ramai dipermasalahkan.

Ketergantungan zat adiktif adalah penyakit yang dibuat oleh manusia sendiri. Terapi dan rehabilitasinya bergantung kepada manusia itu sendiri pula. Berbeda dengan masalah penanggulangan masalah zat adiktif yang lebih merupakan masalah sosial, masalah penanganan ‘pasien” ketergantungan zat merupakan masalah medikososial. Dengan demikian penanganan tersebut pun bergantung kepada aspek bio-psiko-sosial, memerlukan pendekatan menyeluruh yang didukung oleh suatu tim yang terdiri atas berbagai cabang ilmu kedokteran.

Zat Psikoaktif (Zat Adiktif)
Zat psikoaktif ialah zat atau bahan yang apabila masuk ke dalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh, terutama susunan saraf pusat, sehingga menyebabkan perubahan aktivitas mental-emosional dan perilaku. Apabila digunakan terus menerus akan menimbulkan ketergantungan (oleh karena itu disebut juga sebagai zat adiktif).
Jika ingin tahu yang selanjutnya, silahkan saja download materinya agar sahabat tidak perlu COPAS lagi, langsung saja yU..

Download Materinya disini

Tagged with: , ,
Posted in Buku Pelajaran, Ebook GRATIS, kumpulan makalah, kumpulan makalah biologi, Pesanan

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar Isinya

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 387 other followers

%d bloggers like this: