Makalah Hikmah Isra Mi’raj


Sahabatku..
Sekarang adalah bulan Rajab (..semua org jg thu ya.. ;) ..) Tepatnya sekarang tgl 19 rajab atau tgl 1 juli 2010.
Karena ini bulan rajab, maka saya akan mempostingkan tentang masalah  Hikmah Isra dan Mi’raj.

HIKMAH ISRA’ MI’RAJ  (RAJABAN)

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram  ke Al-Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui “. (QS. : 17 : 1).

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad Saw (Rajaban)  senantiasa berhubungan dengan kehadiran Tuhan, dan intelegensi kosmik, yang juga bersinar di dalam diri manusia yang melakukan peringatan atau Rajaban di bulan itu, dan merupakan sarana pula untuk menyadari keberadaan yang Maha Esa.

Datangnya wahyu secara tiba-tiba seperti kilat, yang berisikan perintah Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw, agar menjalankan Isra’ dan Mi’raj dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dapat disamakan dengan “jatuhnya batu di sebuah kolam air yang menimbulkan riak-riak untuk bergerak keluar seperti lingkaran konsentris dari pusat “.

Al-Qur’an dengan struktur puitisnya, yang berdasarkan irama yang tegas dan pola nada yang sangat halus. Mengundang reaksi dalam jiwa masyarakat Islam, dan menjadikan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad Saw (Rajaban), sebagai suatu budaya yang sangat penting dalam Agama Islam, karena ia (Isra’ Mi’raj) merupakan induk dari berbagai budaya Islam lainnya.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad Saw ini (Rajaban) merefleksikan gema kitab Suci dalam pikiran setiap orang muslim yang memperingati atau mengerjakan berbagai ibadah-ibadah suci lainnya seperti  puasa, dzikrullah (Istigfar Rajab), dan lain sebagainya di bulan suci itu. Dan pada gilirannya gema tersebut akan membuat kenangan dalam pikiran dan jiwa orang – orang yang melakukannya dengan hati yang ikhlash karena Allah Ta’ala semata. “Karena keikhlasan inilah yang akan mengembalikan mereka pada keadaan dengan kegembiraan dan keindahan surgawi”. Di sinilah pengaruh kimiawi atas jiwa seseorang dalam menjalankan puasa dan memperbanyak dzikrullah (Istigfar Rajab) di bulan itu akan  mempengaruhi jiwanya, terhadap adanya kebenaran.

Berdasarkan seluruh kehidupan yang mencerminkan kebudayaan Islam tradisional, semua bentuk-bentuk ibadah didalamnya akan saling berhubungan melalui prinsip-prinsip tradisional, yang meresapkan nilai kesucian, seperti halnya prinsip-prinsip spiritual yang mendominasi seluruh aspek kehidupan manusia tradisional dalam semua bentuknya.

Nabi Muhammad Saw saat melakukan Mi’raj (pendakian) ketingkat perjalanan akhirnya (langit ke tujuh), menuju hadirat Tuhan, ia diselimuti oleh “Raf-raf” (kain hijau) yang turun dari atas  dengan cahayanya yang sangat menyilaukan pandangan matanya. Cahaya itu lebih kuat dari cahaya (sinar) matahari. Setelah raf-raf (kain hijau) membungkus dirinya, Ia (Nabi Muhammad Saw) terangkat keatas dan melintasi tabir demi tabir, yang akhirnya ia (Muhammad Saw) telah melintasi tujuh puluh tabir, yang mana jarak antara tabir ke tabir lainnya adalah  lima ratus tahun perjalanan. Dan sampailah ia pada…=====????

Bagi sahabat-sahabat yang ingin mengetahui semuanya dan bisa di bawa pulang bukunya, silahkan saja Download Bukunya disini. Atau sahabat ingin memiliki ilmu yang lebih banyak lagi, silahkan kunjungi Blog ini.
Download Bukunya disini.

About these ads
Tagged with: ,
Posted in agama, Ebook GRATIS, kumpulan makalah, Pesanan

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar Isinya
  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 388 other followers

%d bloggers like this: