Tips Menjadi Penceramah


Jika Sahabat kaget dengan apa yang saya Postingkan dengan judul “ Tips Menjadi Penceramah” padahal saya ini bukan penceramah yang ulung ( Maaf ya bukannya saya mengajari.. ;) )

Kali ini saya ingin menyampaikan apa yang saya alami dan saya rasakan saat saya menjadi seorang penceramah atau jadi Khotib Jum’at dan dengan pengamatan saya terhadap beberapa Khotib dan beberapa Audien ( Mustami..).

Jika Kita selaku Khotib atau penceramah (tapi kali ini saya hanya akan mengkhususkan dalam Khotib Jumat saja) haruslah melihat para Mustami.. (Bingung ya……? :( ), langsung saja yU…?

  • Lihatlah Kondisi Para Mustami

” Maksudnya adalah sebelum kita menyampaikan materi yang sudah kita persiapkan, alangkah baiknya kita melihat kondisi para mustami saat kita akan berceramah agar apa yang akan kita sampaikan dapat diterima mustami”

  • Berikan Isi Materi yang sesuai dengan Kondisi Lingkungan

” Jika kita berceramah diantara para petani, tapi kita malah berceramah keadaan di kota, maka apa yang akan terjadi…??
Tentu para mustami tidak akan memperhatikan kita, maka dari itu isi materi kita harus sesuai dengan Sikon”.

  • Jangan Biarkan Mustami Mengantuk

” Sahabatku…. Yang paling sulit adalah dalam masalah ini ( Ngantuk….) :) , ngantuk tU memang bergantung pada masing-masing mustaminya ya..? tapi jangan salah lO ngantuk juga bisa di akibatkan oleh penceramahnya, makanya kita harus sebisa mungkin cari materi yang tidak menjenuhkan”.

“Seorang penceramah haruslah memiliki informasi lebih di banding dengan mustaminya, ibaratkan kita lagi ngobrol dengan teman-teman maslah sepak bola sedangkan teman kita sudah pada tahu, maka otomatis teman kita tidak akan memperhatikan apa yang sedang kita bicarakan. Begitu juga dengan penceramah yang harus selalu up tu dat..he..he..”

  • Jangan menyampaikan materi dengan bertele-tele sehingga mengakibatkan mustami jenuh.

” Pernah ga sahabat melihat penceramah yang begitu..? yang menjelaskan materi dengan bertele-tele ketika jumatan..? gimana rasanya..?

” Maksudnya adalah seorang penceramah(khususnya Khotib Jum’at ni..) jangan sampe membuat para mustami jadi ga betah duduk (kaya yang ditusukin paku… :D dan itu saya rasakan sendiri..), jangan biarkan mustami lihat jam mulu, jangan biarkan mustami berucap..aduh…(mengeluh sambil mengeluarkan nafas…). Semua yang saya sebutkan ini adalah yang saya alami sendiri dan saya lihat juga dari para mustami yang lain yang tadi jum’atan dengan saya.. :) … dan masih banyak yang lainnya lagi.

Jika Sahabat punya pengalaman lain, silahkan saja tuliskan di komentar ya..? he..he
Diatas hanyalah sebagiannya saja, mungkin sahabat punya yang lebih mantap, silahkan saja untuk berbagi dengan yang lain melalui komentar ya..?

Tagged with: ,
Posted in agama
12 comments on “Tips Menjadi Penceramah
  1. hahaha,,,paling sebel klo udah ceramah terus ada yang tidur…makasih infonya…salam hangat…

  2. [...] Tips Menjadi Penceramah [...]

  3. [...] Mengatur atau menghilangkan pemeriksaan extended [...]

  4. [...] Mengatur atau menghilangkan pemeriksaan extended [...]

  5. irwan says:

    cara berceramah yang baik harus ada konsep dan gunakan improvisasi sendiri…

  6. evy says:

    kalo aku lebih suka sharing,jd pendengan ceramah juga dilibatkan,supaya suasana menjadi lebih akrab dan materi lebih mudah dicerna

  7. erik says:

    izin share ya mas..

  8. aghie says:

    ayo sekarang admin yg ceramah saya yg denger,….

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Daftar Isinya
  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 388 other followers

