Cara Menjadi Seorang Penjaga Gawang


kiper Terbaik

Dalam dunia sepak bola, hanya ada satu orang yang istimewa dimana dia bisa pake baju berbeda dengan yang lainnya dan bisa memegang bola, siapalah dia..?
Dia adalah seorang Penjaga Gawang atau sering di sebut Kiper. Namun tak setiap kiper bisa memegang bola dimana saja ( he..he udah ada aturannya… ;) ).

Sahabat-sahabat..
Ada yang pesen pada saya tUk dicarikan tentang panduan apa saja untuk menjadi seorang penjaga gawang yang handal/hebat. Untuk menjawab pertanyaan dari Kak Alten yang meminta untuk dicarikan tutornya. Kita Langsung saja yU…

Untuk menjadi seorang Kiper yang hebat, ternya tidak hanya mengandalkan Refleks, penempatan posisi, lompatan yang bagus atau juga fisik yang kuat, ternyata masih ada lagi yang harus di miliki untuk menjadi seorang Penjaga Gawang/Kiper yang hebat, diantaranya yaitu :

  • PERTAMA ADALAH KEBERANIAN

Maksud dari keberanian disini bukanlah dalam masalah Berkelahi, tapi dalam mengantisipasi dan mengambil bola, karena di era modern kiper bukan hanya diam di bawah mistar saja, tapi harus bertanggung jawab juga dalam pertahanan dan menjadi seorang Sweeper dalam kondisi kurang menguntungkan. Kiper juga harus berani beradu badan dengan para pemain lain untuk menjaga gawangnya dan hal ini kadang menimbulkan cedera pada para kiper, namun sebagai seorang kiper haruslah lebih hati-2.

Kiper Cech

  • KEDUA ADALAH DETERMINASI

Maksud da-ri Determinasi adalah pengambilan keputusan dan kecepatan. Menjadi seorang Kiper adalah sebagai tuntutan untuk segera mengambil keputusan dalam setiap keadaan. Jika permainannya cepat, maka kiperpun harus bergerak lebih cepat dalam mengantisipasi bola.

  • Yang ketiga adalah penglihatan yang tajam. Hal ini dibutuhkan para kiper dalam berbagai hal. Mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini, namun penglihatan yang baik sangat vital dalam membantu kiper menjalankan tugasnya. Mulai dari melakukan umpan panjang, membaca arah bola, dan yang paling vital adalah membaca gerakan penendang penalti dari mata si penendang. Disadari atau tidak, para penendang penalti pasti akan melihat arah yang akan menjadi tujuan tendangannya(walaupun tidak semua) walaupun hanya sepersekian detik saja).

Jose Reina

Bagi sahabat yang memiliki tutorialnya yang lebih lengkap, silahkan saja berbagi di komentar ya..?
Karena saya ini adalah seorang penyerang bagian kiri, jadi mungkin saja ada yang kurang, jadi saya mohon untuk memberikan sarannya dari para sahabat yang lebih pandai dan ahli dalam bidangnya.

Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat dan saya yakin ini masih kurang, mohon untuk sarannya ya…?

Tagged with: ,
Posted in Beasiswa, Belajar Bisnis, Buku Pelajaran, MUrah, pelajaran, Pesanan
135 comments on “Cara Menjadi Seorang Penjaga Gawang
  1. syarif says:

    saya mw tnya , bgaimna cra mningkatkan gerak refleks seorang kiper ????

    trims……

  2. fadhillah naufal says:

    gimana caranya supaya tidak sering salah paham sama teman.kan sering kiper sama bek salah paham akibatnya gawang kebobolan

  3. Irham says:

    Sy irham . Posisi sy adlah seorang kiper utama disalah satu klub di surabaya …

    Sy dijuluki fabian barthez oleh tman2 sy krn sy sring mlakukan pnyelamatan yg menakjubkan kata tman sya.

    Pdhal tinggi badan saya hanya 157 cm . Tpi sya tdk canggung dgñ ejekan pelatih saya yg dulu prnh meremehkan saya….

    Bagi para pnjaga gawang yg msih brkmbang . Ingatlah dan berushlah

  4. gitrif says:

    bagaiman cara untuk mengansitipasi tendangan free kick lwn yg lumayan dkt dgn kotak penalty??

  5. yuda says:

    untuk posisi kiper ,harusnya itu lebih baik maju sampai kotak kiper atau diam di bawah gawang ?????

  6. bara says:

    Kak,aku kiper,tapi kok kalo pas perebutan bolanya ribut di deket daerah penalty knapa slalu susah buat njangkau tembakan yang tibatiba diluncurkan sama pemain lawan,….itu yang sering bkin emosi kalo pas perebutan bolanya didaerah tim

  7. dedy says:

    idola saya david de gea & fernando muslera mereka kiper muda hebat
    saya pun ingin sperti mreka…

  8. mukmin says:

    bagai mana cara membaca arah tendangan lawan??

  9. fachry says:

    caranya gampang biar hebat pokus dan ligat..!!!
    simpelkan..?
    hehe

  10. faras says:

    Saya belum bisa untuk menjadi kiper ‘ƔªйǤ ϐάΐǩ…karna saya ini masiih takut dengan ….He​ƪ(◦’⌣’◦ )ʃ◦°◦:D:D◦°◦Нзнзнзнз ◦°◦:D:D◦°◦. (••^⌣^••)

  11. ABDUL GHOFUR says:

    saya ingin menjadi kiper yg terbaik

  12. arif_sugito@yahoo.co.id says:

    saya pengen sekali jadi kiper krn posisi sy adalah kiper

  13. Ilham says:

    Seorang kiper harus mempunyai mental yang baik dan juga ketepatan mangantisipasi bola.
    Saya ilham salah satu kiper di club puslat putra mandiri sragen. Saya sering dimarahi pelatih karena kecerobohan saya supaya tdak ceroboh lagi saya harus bagaimana….

  14. amin fauzi says:

    gimana cara’a agar penglihatan kita tajam . . .?????

  15. Aditya pratama djuhaepa says:

    Saya adalah seorang kiper,saya dari parigi desa olaya dusun 5,saya ignin sekali ldbi hebat dari penjaga gawagn/kiper.

  16. hasrul says:

    oke saya bisa

  17. zhofri fidaul majdi says:

    bagaimana bisa jdi kiper sperti cassilas, valdes dan kiper internasional lain nya?

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Daftar Isinya
  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 388 other followers

