Cara Merawat Komputer


Sahabat-sahabatku..
Saya yakin sahabat punya komputer di rumah masing-masing ya..?
Jika sahabat punya, sahabat perlu tahu ni cara merawat Komputernya, tapi jika sahabat belum punya komputer, tidak masalah juga membaca ilmu ini dan bisa dijadikan bekal bagi sahabat jika sudah mempunyai komputer sendiri di rumah. Sebenarnya Tips ini buat perawatan di warnet, tapi menurut saya berguna juga buat perawatan komputer pribadi di rumah. Langsung saja yU kita baca bagaimana sih cara merawak komputer itu.

Tips merawat komputer


  1. Jika komputer sering di gunakan setiap hari khususnya untuk warnet, kamu Defrag harddisk secara rutin minimal 1-2 X dalam 1 minggu. Dengan tujuan untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar proses kerja hardrdisk akan lebih ringan, agar harddisk lebih awet, dengan catatan saat menjalankan Defrag tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengganggu fungsi defrag ini.
  2. Aktifkan screensaver sesuai dengan selera kamu, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
  3. Kamu tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancer, dengan tujuan agar jangan sampai menyebabkan panas yang berlebihan, supaya komponen / rangkaian elektronik di dalamnya bias bertahan lebih lama. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan tersebut.
  4. Pakailah UPS atau stavolt.Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk dan komponen / rangkaian elektronik lainnya. Jika tidak ada UPS, kamu gunakan Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
  5. Setiap program yang dijalankan membutuhkan memory (RAM), maka tutup / close program yg tidak berguna sehingga komputer berjalan tidak lambat.
  6. Install program antivirus dan update kan terus setiap komputer dijalankan.
  7. Kotak sampah atau Recycle Bin di bersihkan secara rutin. Karena Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lambat.
  8. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat atau di ssebelah monitor. Karena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor terutama warna monitor menjadi tidak rata.
  9. Buang program yg tidak berguna dengan tujuan agar ruang harddisk bisa lebih banyak supaya beban kerjanya akan lebih ringan dan harddisk pun dapat bertahan lebih lama.
  10. Nah yang ini memang agak sedikit rumit, jika kamu belum mengerti kamu bisa tanyakan kepada orang yang lebih mengerti. Kamu bersihkan motherboard & perangkat keras lainnya dari debu secara bertahap. Ya minimal 2 kali dalam setahun. Jangan lupa kabel power di matikan dulu sebelum di bersihkan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Tagged with: , ,
Posted in Ilmu Komputer, komputer, ilmu, Pesanan
One comment on “Cara Merawat Komputer
  1. mantap tipsnya…makasih banyak ya…salam hangat…

saya yakin sobat membaca artikel saya, kasih sarannya ya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar Isinya
  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: